Jumat, 15 Juli 2011

Gunung Lokon Meletus Lagi, Ribuan Warga Panik



TOMOHON - Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus. Letusan yang terjadi malam ini mengeluarkan lava pijar setinggi 1.500 meter dan debu tebal setinggi 5 km.

Akibat erupsi tersebut , ribuan warga warga panik dan berusaha menyelamatkan diri ke tempat lebih aman dengan sejumlah kendaraan. Menurut warga setempat, sebelum erupsi sempat goncangan hingga beberapa kali.

Sejauh ini tim SAR gabungan, juga terus melakukan evakuasi terhadap ribuan warga yang sebelumnya belum sempat diungsikan ke tempat lebih aman. Sementara itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) dan BPBD, serta instansi terkait saat ini sedang melakukan evakuasi di lokasi rawan bencana.

Kepala Pusat Data BNPB Sutopo Purwo Nugroho sekira pukul 23.23 WIB, Kamis (14/7/2011). Menurut Sutopo, dari pantauan sejak tadi pagi sekira pukul 06.00-12.00 WITA, dari visual tampak asap putih tebal tiggi 100-150 meter.

Sementara krisis sismik dalam 6 jam terakhir hinnga kini belum berhenti, tercatat sebanyak 25 kali gempa vulkanik dalam, 30 kali gempa vulkanik dangkal, dan getaran tremor vulkanik dengan amplituda 0,5-4 mm. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post